Tips Belanja Hemat Bagi Ibu Rumah Tangga

Peran seorang ibu rumah tangga sangat penting untuk kebutuhan rumah tanagga. Hal tersebut dikarenakan ibu merupakan seorang manajer dalam urusan mengatur berbagai kebutuhan keluarga. Terkadang cara ibu rumah tangga dalam berbelanja kebutuhan keluarga akan sangat mempengaruhi kondisi finansial keluarga. Nah, berikut ini tips belanja hemat bagi ibu rumah tangga. Check this out !

  1. Menetapkan Tujuan Belanja

Hal yang paling dasar adalah menentukan tujuan belanja. Tujuan dari menetapkan tujuan belanja adalah agar barang yang akan kamu beli sesuai dengan keinginanan kamu sebelumnya. Selain itu, hal ini juga bertujuan menghindari kamu dari pemborosan.

  1. Membuat List Belanja

Setelah kamu mengetahui tujuan dari belanja, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah mencatat dengan detil apa saja yang perlu dibeli. Hal ini bertujuan agar barang yang dibeli tidak melenceng dari tujuan belanja pada awalnya.. Mencatat dengan detil barang yang dibelanjakan juga membantu dalam memperkirakan besar biaya yang diperlukan untuk belanja.

Baca Juga : Video ini…Mengharukan, Sepotong Kue Itu Ternyata Bukan Miliknya. Coba Liat, Buat Siapa?

  1. Membawa Uang Secukupnya

Dengan membuat list belanja, kamu dapat membawa uang secukupnya saja agar tidak tergoda untuk belanja lebih dari yang diperlukan. Namun, jangan membawa uang pas terlalu pas. Bisa saja produk yang ingin dibeli stoknya habis sehingga terpaksa membeli produk alternatif yang harganya lebih mahal. Atau, bisa saja harga produk tersebut sudah naik. Sebaiknya membawa tambahan uang belanja sekitar 10% dari perkiraan jumlah belanja untuk antisipasi hal tersebut.

  1. Selalu Melakukan Perbandingan Harga

Sebelum kamu memulai belanja alangkah baiknya kamu melakukan perbandingan harga terlebih dahulu. Sebagai seorang ibu rumah tangga yang cermat, kamu harus memperhatikan harga produk yang sama di tempat biasa berbelanja dan tempat lain. Apakah harga-harga barang di tempat kamu biasa berbelanja ternyata cenderung lebih mahal atau bahkan lebih murah dibandingkan tempat lain? Selain itu, jika barang yang kamu inginkan lebih murah kamu juga harus perhatikan kualitas dari barang yang akan kamu beli.

Baca juga : Bisnis Online Bagi Ibu Rumah Tangga Zaman Sekarang

  1. Membeli dalam jumlah banyak

Pasar, toko, atau supermarket biasanya selalu memberikan harga yang lebih murah jika belanja produk yang sama dalam jumlah yang banyak. Jika kamu pandai mengatur jumlah pemakaian barang dan bahan makanan rumah tangga, membeli dalam jumlah yang banyak sangat disarankan untuk menghemat pengeluaran.

  1. Up-to-date terhadap promo

Semua orang tentu suka dengan promo karena bisa dimanfaatkan untuk berhemat. Banyak toko atau supermarket yang menawarkan berbagai macam promo seperti voucher, diskon, ataucash back. Terkadang promo tersebut bisa kamu dapatkan jika membelinya menggunakan kartu kredit..

Nah, itu dia enam tips belanja hemat yang berguna bagi ibu kamu atau mungkin kamu sendiri sebagai ibu rumah tangga. Jika seorang ayah adalah ujung tombak dalam mencari pemasukan, maka seorang ibu rumah tangga merupakan ujung tombak dalam menghemat pengeluaran.

Baca Juga : Bisnis Rumahan yang Sangat Menguntung Bagi Ibu Rumah Tangga

Sumber : Halomoney.co.id

Add Comment