12 Karakteristik Pengusaha Sukses Yang Harus Dimiliki Setiap Bisnis Rumahan

Ada sejumlah karakteristik umum yang dimiliki oleh pengusaha sukses. Dari sekian macam karakteristik pengusaha sukses mungkin salah satunya Sahabat miliki. Sahabat tentunya terus mempelajarinya kemudian praktek hingga bermental pemenang. Nah, jika Sahabat sudah memiliki target dan tujuan yang jelas tentunya diperlukan strategi yang baik, tahapan proses yang harus dilaksanakan dan mungkin penilaian yang cukup terukur. Nah, melalui tulisan kali ini, admin menyadurnya dari artikel di PengusahaMuslim.com, dan admin fokuskan dengan memberi tema karakteristik pengusaha sukses. Untuk lebih jelasnya, yuk dibaca seterunya ya!

karakteristik pengusaha sukses 2020

Karakteristik Pengusaha Sukses Yang Harus Dimiliki Pelaku Bisnis Rumahan

  1. Lakukan apa yang Sahabat nikmati

Jadi, jika Anda tidak menikmati apa yang Sahabat kerjakan, maka kemungkinan akan tercermin dalam keberhasilan bisnis atau kesuksesan Sahabat berikutnya.

2. Bekerja dengan serius

Sahabat tidak bisa berharap untuk efektif dan sukses dalam bisnis kecuali Anda benar-benar yakin dengan bisnis, produk atau jasa yang Sahabat jual.

3. Merencanakan segala sesuatunya

Karakteristik pengusaha sukses ketiga adalah mampu merencanakan setiap aspek bisnis rumahan bukan saja merupakan suatu keharusan, akan tetapi juga membangun kebiasaan yang harus dikembangkan, diterapkan, dan dipelihara oleh pengusaha

4. Mengelola uang dengan bijak

Alur kas adalah denyut nadi setiap bisnis apapun. Sahabat membutuhkannya untuk membeli inventori, membayar jasa, mempromosikan dan memasarkan bisnis, memperbaiki dan menempatkan alat dan perlengkapan, dan menggaji diri sendiri sehingga Sahabat bisa tetap melanjutkan pekerjaan.

Baca juga : 4 Cara Memotivasi Karyawan Selama Waktu Sulit Perusahaan

5. Gigih melakukan pemasaran dan penjualan

Karakteristik pengusaha sukses yang kelima ini, menuntu pelaku usaha rumahan harus pandai memasarkan, megiklanan, atau promosi tidak bermanfaat, terlepas dari seberapa cerdas, mahal, atau dibidik dengan tepatnya mereka, kecuali satu hal sederhana yang diselesaikan – meminta penjualan. Ini tidak menjelaskan bahwa menjadi sales yang hebat, advertising copywriting atau ahli hubungan masyarakat bukan aset yang besar dalam bisnis Anda. Namun, keterampilan ini tidak ada artinya jika Anda tidak secara aktif meminta orang membeli apa yang Anda jual.

6. Ingatlah pelanggan Sahabat

Bisnis rumahan bukanlah produk atau jasa yang dijual melainkan Bisnis Sahabat itu adalah pelanggan, atau klien. Intinya kita harus tahu siapa pelanggan kita.

7. Menjadi pendorong-diri

Salah satu mitos terbesar mengenai kesuksesan personal atau bisnis, adalah kemampuan personal. Promosi-diri adalah salah satu alat marketing yang paling penting, tapi paling gagal dipakai dimana mayoritas pengusaha langsung mengabaikannya.

8. Rancangan citra bisnis yang positif

Karakteristik pengusaha sukses kedelapan adalah mampu membangun citra usaha rumahannnya. Imej positif pelanggan perlu diraihdan diingat oleh orang yang kita targetkan.

9. Kenali pelanggan Anda

Salah satu hal yang paling signifikan dari pengusaha rumahan yang bisa mengalahkan pesaing besar adalah dia mampu memberikan perhatian yang personal kepada pelanggannya. Semakin banyak hal yang dilakukan untuk mendekati pelanggan, akan berdampak lebih baik di jangka panjang.

10. Tingkatan penguasaan teknologi

Dan karakteristik pengusaha sukses berikutnya adalah menghindari untuk terjebak lebih jauh dalam dunia teknologi, tapi Sahabat juga harus tahu bagaimana memanfaatkannya dengan baik. Perkembangan teknologi seharusnya menjadi media yang membantu perjalanan bisnis Sahabat.

11. Membangun tim bisnis yang jempolan

Tidak seorangpun yang bisa membangun bisnis yang sukses seorang diri. Ia tentu membutuhkan kerjasama sebuah tim. Tim bisnis bisa mencakup anggota keluarga, teman, supplier, aliansi bisnis, karyawan, sub-kontraktor, industri dan asosiasi bisnis, pemerintahan lokal dan komunitas. Tentu anggota tim yang paling penting adalah pelanggan atau klien Anda.

12. Menciptakan keuntungan kompetitif

Karakteristik pengusaha sukses terakhir dalam tulisan kali ini adalah Bisnis rumahan harusnya memiliki proposisi penjualan yang unik. Apakah layanan yang lebih baik, garansi yang lebih lama, pemilihan produk yang lebih baik, layanan pelanggan yang lebih baik. Tentu hal-hal tersebut akan membawa keuntungan yang lebih besar.

Sahabat, mungkin itu sebahagian karakteristik pengusaha sukses yang perlu kita perhatikan, terutama sahabat yang tengah berkecimpung dalam usaha rumahan saat ini. Semoga bermanfaat.

Oleh: James Stephenson adalah konsultan bisnis rumahan dengan pengalaman lebih dari 15 tahun di bidang bisnis dan marketing. Penulis beberapa buku populer, termasuk majalah Entrepreneur Ultimate Startup Directory dan Ultimate Small Business Marketing Guide, both available from Entrepreneur Press.

Sumber : PengusahaMuslim judul aslinya 25 Karakteristik Pengusaha Sukses
Kutipan asli ‘Ultimate Home Based Business Handbook’, oleh James Stephenson, tersedia di Entrepreneur Press.

Foto : feedough.com

Add Comment