4 Cara Mengatasi Kendala Bisnis Online Saat Sekarang

Cara Mengatasi kendala bisnis online tidak selalu sama dengan kendala yang dihadapi bisnis konvensional. Bahkan cara menjalankan usaha bisnis online pun sebenarnya tidak berbeda jauh dengan bisnis konvensional. Maka dari itu kendala bisnis online bisa dibilang lebih khusus. Sebab transaksi pada umum dalam bisnis online, pelanggan dan penjual tidak bertemu secra langsung. Selain itu, produk yang dijual juga hanya bisa dilihat melalui foto. Selanjutnya, apabila pelanggan berminat membeli, pelanggan akan mentransfer sejumlah uang ke rekening penjual untuk mendapatkan produk tersebut.

kendala bisnis online

Tentu saja ini menjadi bagian dari kemudahan bisnis online. Dengan demikian, konsumen tidak perlu repot pergi ke toko untuk membeli produk. Hanya dengan mengakses situs toko untuk membeli produk. Hanya dengan mengakses situs toko online melalui smartphone dan melakukan transfer melalui rekening, produk sudah dapat dibawa pulang.

Akan tetapi, di balik kemudahan yang ditawarkan, ada kendala-kendala yang bisa menyebabkan bisnis online tidak berjalan mulus. Kendala seperti ini tentu harus Sahabat pahami agar dapat mengantisipasinya mulai dari sekarang. Nah, berikut ini uraian cara mengatasi kendala bisnis online yang kami rangkum dari sebuah sumber.

1. Bisnis Online Kurang Dipercaya Konsumen

Banyaknya penipuan di dunia maya menyebabkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis online menjadi berkurang, Penipuan yang sering terjadi antara lain uang sudah ditransfer, tetapi produk yang dipesan tidak dikirim, kualitas produk tidak sesuai dengan foto yang ditampilkan di toko online, bentuk dan ukuran barang berbeda dengan deskripsi yang ditampilkan, dan lain sebagainya. Akibatnya, pelanggan takut untuk membeli produk yang dijual secara online.

Agar pelanggan merasa yakin terhadap toko online dan tidak menganggapnya sebagai penipuan, Sahabat perlu mencantumpan alamat lengkap dan contact person yang bisa dihubungi, baik melalui telepon, SMS, maupun Whatsapp. Selain itu, Sahabat perlu memasang foto produk lengkap dengan deskripsi yang diterangkan secara jelas. Selain itu, jangan lupa untuk menyertakan bukti-bukti pengiriman.

2. Persaingan yang Sangat Ketat

Persaingan bisnis online sangat tinggi didominasi oleh para pebisnis konvensional yang beralih memasarkan produknya menggunakan internet. Belum lagi ditambah para pebisnis online pemula yang suka melakukan strategi apa saja demi menggaet pelanggan. Akibatnya, pasar bisnis online menjadi sempit dan tidak mudah menjaring pelanggan potensial, meskipun target atau sasaran pada dasarnya tidak terbatas.

Nah, cara mengatasi kendala bisnis online dari sisi ini, Sahabat perlu mengumpulkan banyak ilmu dengan cara membaca buku, berkonsultasi dengan mentor, atau meminta saran kepada pebisnis online yang sudah berhasil. Hal ini akan membuat Sahabat mengetahui strategi-strategi yang sekiranya bisa digunakan untuk mengalahkan pesaing di bisnis online.

Jangan lupa beri banyak nilai tambah pada produk yang Sahabat jual, misalnya produk itu memiliki keunggulan tersendiri, harganya lebih murah, gratis ongkos pengiriman, dan sebagainya. Hal ini akan membuat pelanggan lebih melirik produk Sahabat dibandingkan produk pesaing.

3. Koneksi Internet Lambat

Jika musim hujan tiba, koneksi internet biasanya melambat. Bagi pebisnis online yang tinggal di daerah perkotaan, hal tersebut mungkin tidak terlalu menjadi kendala karena ada banyak sumber sinyal yang bisa ditangkap. Namun, bagi pebisnis online yang tinggal di daerah pedesaaan atau kawasan pinggiran, hal seperti ini tentu sulit diatasi.

Selanjutnya cara mengatasi kendala bisnis online disisi ini, Sahabat perlu menyediakan modem internet berkecepatan tinggi, misalnya  14,4MBPS atau di atasnya. Selain itu, sediakan pula beberapa kartu internet dari provider berbeda. Jika kecepatan internet sedang lambat. Sahabat bisa menggantikan kartu internet dari provider yang memiliki kualitas sinyal bagus dan stabil.

4. Pengetahuan Tentang Bisnis Online yang Terbatas

Banyak orang yang menjalankan bisnis online karena ikut-ikutan. Dalam hal ini, mereka tidak mengetahui hal-hal yang perlu dilakukan untuk bisa meraih sukses dalam bisnis online. Akibatnya, bisnis yang dijalankan cendrung stagnan atau tidak pernah meningkat setiap bulannya.

Untuk menambahkan pengetahuan, Sahabat bisa mempelajarinya dari buku seputar bisnis online yang sudah banyak beredar di pasaran. Sahabat juga bisa mencari mentor yang bisa membantu Sahabat menjadi andal dalam menjalankan bisnis online. Kursus online yang banyak diajarkan oleh para pakar bisnis bagaimana internet marketing sebenarnya juga patut Sahabat ikuti.

Setelah memahami cara mengantisipasi setiap kendala yang menghambat bisnis online, Sahabat tidak perlu ragu untuk menjalankan bisnis online mulai dari sekarang. Hal yang terpenting adalah Sahabat harus menguatkan tekad serta yakin dapat meraih sukses menjalankan bisnis online.

Nah, setelah Sahabat mengetahui cara mengatasi kendala bisnis online, Sahabat tidak perlu ragu lagi untuk memulai bisnis di dunia maya. Yang terpenting, kuatkan tekad Sahabat, berdoa kepada Allah, karena setiap masalah pasti ada cara mengatasinya.

Business vector created by stories – www.freepik.com

Add Comment