7 Strategi Ampuh Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

7 Strategi Ampuh Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

Diposting pada

SUHEDRIBUSLI.COM — Seiring persaingan yang semakin ketat, strategi ampuh meningkatkan penjualan perlu dimiliki. Sahabat sebagai pebisnis online harus terus berfikir serta berinovasi agar bisa meningkatkan penjualan. Tidak hanya tiap hari, setiap bulan pun harus mampu mengungguli para pesaing. Sehubungan dengan itu, berikut pembahasannya.

7 Strategi Ampuh Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

Pertama, Memanfaatkan Media Sosial

Media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram berperan besar mendongkrak bisnis online. Kebanyakan konsumen selalu melihat aktifitas dari sebuah toko online di media sosial sebelum memutuskan untuk membeli produk.

Biasanya, mereka akan membeli produk dari seorang pebisnis online yang rajin melakukan update foto-foto terbaru, cekatan membalas komentar, serta bersikap ramah kepada setiap orang yang bertanya mengenai sebuah produk.

Jadi, Sahabat jangan sampai ketinggalan memanfaatkan media soosial untuk meningkatkan penjualan bisnis online. Manfaatkan semua Media Sosial yang Sahabat miliki itu dengan maksimal demi tercapainya omzet penjualan yang tinggi.

Kedua, Memaksimalkan SEO (Search Engine Optimization)

Strategi ampuh meningkatkan bisnis online terletak pada SEO. Kebanyakan pelanggan yang ingin membeli sebuah produk dari toko online selalu mencarinya di mesin pencari Google.

Sebagian besar dari mereka hanya akan melihat halaman pertama yang ditampilkan. Karena itulah untuk meningkatkan penjualan bisnis online, Sahabat perlu memaksimalkan SEO.

Dalam hal ini, SEO akan sangat membantu menampilkan toko online Sahabat di halaman pertama Google. Dengan demikian, semakin banyak orang yang melihat dan bahkan ingin membeli produk yang Sahabat jual.

Ketiga, Menambah Pilihan Cara Pembayaran

Cara selanjutnya untuk meningkatkan penjualan bisnis online adalah menambah pilihan model pembayaran. Hal ini tentu akan sangat menarik di mata konsumen. Patut dipahami bahwa tidak semua pelanggan memiliki alat pembayaran yang sama.

Ada yang memiliki alat pembayaran di rekening bank A, B, C, dan sebagainya. Jika Sahabat tidak menambah pilihan pembayaran dengan menyediakan rekening yang bervariasi, bukan tidak mungkin transaksi pembelian yang ingin dilakukan konsumen dibatalkan.

Biasanya, konsumen mempertimbangkan faktor kepraktisan atau merasa enggan melakukan transfer di rekening bank yang berbeda dengan Sahabat. Maka, ada baiknya Sahabat menambah pilihan pembayaran di toko online agar meningkatkan penjualan bisnis online sesuai harapan.

Keempat, Memperbanyak Iklan di Situs-situs Jual Beli Online

Situs-situs jual beli online yang kini banyak bermunculan dapat membantu mempromosikan produk Sahabat kepada lebih banyak konsumen.

Dengan memperbanyak iklan di berbagai situs seperti itu, Sahabat bisa meningkatkan penjualan. Namun demikian, Sahabat harus cukup sabar menunggu mendapatkan pelanggan dengan cara ini karena banyaknya pesaing yang berebut pasar.

Bagaimanapun juga, cara ini bisa menjadikan langkah efektif guna membantu meningkatkan hasil penjualan bisnis online Sahabat.

Kelima, Membuat Banyak Blog

Meskipun sudah memiliki toko online, tidak ada salahnya Sahabat membuat banyak blog. Hal tersebut bisa menjadi cara efektif untuk meningkatkan penjualan bisnis online.

Oleh karena itu, sempatkan waktu untuk membuat banyak blog yang isinya mengulas seputar produk beserta berbagai manfaat ataupun keunggulannya.

Selain itu, jangan lupa mencantumkan alamat URL toko online Sahabat. Keberadaan blog akan memberi informasi kepada pelanggan yang mencari produk Shabat melalui internet.

Keenam, Melakukan Promosi Via Whatsapp

Promosi melalui Whatsapp juga bisa dijadikan alternative untuk meningkatkan penjualan bisnis online. Namun, sebelum promosi ini dilakukan, Sahabat harus menambah kontak Whatsapp sebanyak-banyaknya. Semakin banyak kontak maka kian besar peluang produk Sahabat terjual.

Begitulah kira-kira keuntungan yang bisa Sahabat dapatkan dari banyaknya jumlah kontak Whatsapp. Hanya saja, harus diingat bahwa untuk keperluan bisnis online, Sahabat harus mencari kontak yang potensial. Usahakan daftar nama di Whatsapp Sahabat memiliki kecendrungan untuk membeli produk.

Setelah menambah kontak. Gantilah secara berkala profil picture Whatsapp Sahabat. hal ini akan menjadi teknik promosi yang sangat menarik untuk memperkenalkan produk Sahabat kepada pelanggan.

Ketujuh, Berguru Kepada Mentor

Sebaiknya, Sahabat perlu mencari mentor yang dapat mengajari kiat-kiat sukses menjalankan bisnis online. Apabila Sahabat serius menjalakan bisnis online, jangan merasa pintar sendiri.

Mentor ini tentu harus orang yang terbukti berpengalaman serta Sahabat harus mencari mentor yang sesuai dengan bergelut di bidang yang sama dengan bisnis yang Sahabat jalani. Dengan belajar dari mentor, perjalanan bisnis online Sahabat menjadi lebih terarah, dan bahkan dapat meraih sukses dalam waktu yang lebih cepat.

Demikianlah pembahasan 7 strategi ampuh meningkatkan penjualan bisnis online. Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Merupakan kumpulan artikel pembelajaran tentang memulai bisnis dan usaha. "Hormatilah orang tuamu dan perbanyaklah membaca Istighfar"