buka bisnis itu sulit

Benarkah Buka Bisnis Itu Mudah?

Diposting pada

Dari judulnya saja kita pasti akan beranggapan dan memberi tanggapan yang bermacam-macam. Di antara tanggapan itu memjadi sebuah pertanyaan “siapa bilang buka bisnis itu mudah“. Atau barangkali tanggapan yang muncul “buka bisnis itu tak semudah membalikkan telapak tangan, atau tanggapan pemungkasnya “buka bisnis itu sulit”.

Kalau memang mudah, tentu siapa saja akan menjadi pebisnis dan negara ini rakyatnya akan makmur. Namun realitanya banyak juga orang yang tidak mau jadi pebisnis, karena anggapan tadi itu, buka bisnis itu sulit.

buka bisnis itu sulit

Alasannya bisa apa saja, misal butuh modal, butuh pengalaman, butuh persiapan yang matang, butuh keahlian, butuh karyawan, atau hal-hal lain yang menjadi kebutuhan dasar saat memuali buka bisnis.

Baca juga : Pengusaha Sejati Tak Akan Menyerah Meski Telah Gagal 100 Kali

Dan akibatnya, banyak diantara kita hanya bisa berencana, rencana, rencana.

Akhirnya timbul lagi pertanyaan. Apakah membuka bisnis itu mudah ataukah sulit?

Dari pertanyaan di atas, bagi para pebisnis sangat mudah menjawabnya. O iya, jawabannya apa dong? Jawabannya adalah, buka bisnis itu sulit kalau kita persulit, buka bisnis itu mudah kalau kita membuat semuanya menjadi mudah.

Menurut penulis buku bisnis, Hermas Puspito, kebanyakan orang terbelenggu oleh pikirannya sendiri yang pada akhirnya membuat seakan-akan bisnis itu sulit. Bisnis itu seakan-akan menjadi sesuatu yang rumit, ribet, susah, sukar atau jelimet. Padahal sebaliknya, sebagiaman Hermas Puspito membenarkan kalimat sebelum ini.

Jadi, jika kita tahu cara dan polanya. Pada umunya yang membuat sulit itu adalah mentalitas kita. Mental kita akan menjadi penggangu karena seakan-akan membuat tembok dan jurang pemisah antara keinginan dan cita-cita untuk memulai bisnis tersebut. Jadi bayangan di kepala kita hanya akan berputar-putar, mulai atau jangan.

Baca juga : Harumnya Bisnis Jasa Sewa Tanaman Hias Sewangi Bunga Yang Tengah Mekar

Hermas Puspito dalam bukunya mengistilahkan mental block bagi orang yang suka mempersulit diri sendiri tanpa mau mencoba. Dan para mental block hanya bisa menyela dengan kata “Ah, masa iya?”, “Ah, memangnya bisa?”, “Saya tidak bisa.” dan kata-kata pesimis lainnya.

Kesimpulannya jangan bilang tidak bisa kalau mencoba saja belum. Jangan bilang susah kalau memulai saja belum pernah.
Jadi memulai bisnis itu mudah, ya.

Semoga tulisan ini bermanfaat. Silakan teman-teman bagikan ke sahabat lain yang membutuhkan.

Foto : craig-garner-unsplash

Gambar Gravatar
Merupakan kumpulan artikel pembelajaran tentang memulai bisnis dan usaha. "Hormatilah orang tuamu dan perbanyaklah membaca Istighfar"