wanita modern punya bisnis

Karir Ataukah Anak, Dilema Wanita Modern

Diposting pada

Karir Ataukah Anak, Dilema Wanita Modern – Pada zaman modern seperti saat ini, tuntutan akan kebutuhan hidup keluarga amatlah tinggi. Suami sebagai kepala keluarga terkadang tak sepenuhnya mampu menjadi tulang punggung keluarga. Atau ketika sebuah keluarga tersebut dibangun, antara suami dan istri sama-sama memiliki pekerjaan atau karir.

wanita modern punya bisnis

Nah, menjadi sebuah pilihan bagi wanita modern saat ini jika dihadapkan antara berkarir atau anak. Pilihan ini tentunya sangat sulit bagi mereka. Bisa saja ketika pilihan jatuh pada salah satunya, mungkin yang lain akan menjadi terbengkalai. Memang sulit untuk memilih; apakah harus mengejar karir ataukah mengurus dan mengasuh anak?

Bagi, sahabat yang memiliki dilema tersebut, mulai sekarang, wanita modern bisa berperan ganda. Caranya dengan menjadi wanita karir di satu sisi dan menjadi ibu yang baik bagi anak-anak di sisi yang lain. Dan mungkin hanya dengan cara inilah Sahabat bisa mewujudkan cita-cita dalam berkarir maupun mengasuh anak.

Baca juga : 12 Karakteristik Pengusaha Sukses Yang Harus Dimiliki Setiap Bisnis Rumahan

Baiklah, sebelum keputusan tersebut menjadi sebuah ketetapan, ada beberapa tips yang mungin perlu para wanita modern  ketahui. Tips berikut ini akan membantu wanita modern dalam mengambil keputusan antara karir dan anak atau berperan sekaligus. Tips-tips tersebut adalah sebagai berikut:

  • Tentukan Prioritas

Tips pertama ini merupakan hal pokok, tentukan prioritas, yang mesti dilakukan ditahap awal. Bagaimana tidak, sebelum mengambil keputusan besar dalam perjalanan hidup bagi seorang wanita modern antara harus memilih karir atau anak maupun keduanya. Sebab sesuatu yang akan menjadi prioritas seorang wanita modern seperti Sahabat akan menjadi faktor terhadap pilihan berikutnya. Misal, apa yang membuat sahabat bahagia, atau apakah dengan berkarir Sahabat bisa membimbing anak dengan baik? Apabila jawabannya iya, makan Sahabat dapat berperan ganda.

  • Bekerja di Rumah

Jika pilihan Sahabat sudah diputuskan untuk berperan ganda, maka tips selanjutnya adalah bekerja di rumah. Dengan bekerja di rumah, tentunya peran ganda yang dimainkan seorang wanita modern akan maksimal. Sejumlah profesi bisa Sahabat perankan seperti menjadi pegawai yayasan, penulis, buka bisnis online shop, dan lainnya.

  • Komunikasikan dengan Keluarga

Sebelum seorang wanita modern melangkah pada pilihan dia memilih karir tentunya terlebih dahulu mendiskusikan dengan keluarga (suami dan anak). Sebab komunikasi merupakan sebuah instrument dalam membina kebahagian sebuah rumah tangga. Jangan ujug-ujug langsung beraksi bahwa besok akan bekerja, bisa-bisa mereka terkejut, kecewa, hingga bisa terjadi pertengkaran.

Makanya, diskusikanlah dengan baik dan jujur, sebelum sahabat menjadi wanita karir. Karena dukungan suami dan anak-anak bisa menjadi faktor kesuksesan.

Baca juga : Usaha Rumahan Sederhana Yang Sangat Menjanjikan

  • Cek Keuangan Keluarga.

Seorang wanita modern, sebelum bertindak untuk memilih karir, patikan dahulu tentang keuangan rumah tangganya. Apakah dengan penghasilan suami, kebutuhan keluarga belum mencukupi? Kalau kondisinya demikian pilihan untuk menjadi wanita karir akan semakin mantap dalam rangka membantu sang suami dalam mencukupi kebutuhan keluarga. Meski, sebenarnya seorang istri juga bisa memilih untuk fokus mengurus suami dan anak-anak di rumah dengan tidak berkarir, meskipun keuangan keluarga sangat minim, yakni dengan cara berhemat.

  • Pintar Mengatur Waktu

Bila keputusannya tetap menjadi wanita karir, maka ada satu hal yang harus menjadi perhatian seorang wanita modern tersebut, yakni pintar-pintarlah mengatur waktu untuk bekerja. Jangan biasakan membawa pekerjaan kantor ke rumah. Sebab di rumah adalah waktu untuk keluarga Sahabat, suami dan anak. Sebaliknya, bila itu terjadi, alamat bahtera rumah tangga menuju kegagalan.

Sahabat semoga dengan tulisan yang berjudul Karir Ataukah Anak, Dilema Wanita Modern ini bermanfaat dan menjadi inspirasi dalam melangkah menjalani kehidupan kita di masa mendatang.

Artikel sebelumnya : Lima Prinsip Penting Sebelum Buka Bisnis Sendiri

Gambar Gravatar
Merupakan kumpulan artikel pembelajaran tentang memulai bisnis dan usaha. "Hormatilah orang tuamu dan perbanyaklah membaca Istighfar"