Lahan Sempit Jadikan Peluang Bisnis Pertanian Yang Menjajikan

Lahan Sempit Jadikan Peluang Bisnis Pertanian Yang Menjajikan

Diposting pada

Lahan Sempit Jadikan Peluang Bisnis Pertanian Yang MenjajikanSUHEDRIBUSLI. Pertanian adalah sebuah kegiatan yang begitu penting dalam kehidupan masyarakat khususnya di Indonesia, sebab dari kegiatan pertanian inilah nantinya akan muncul hasil yang menjadi kebutuhan pokok bagi setiap kehidupan manusia. Bagi sebagian besar para pengusaha, kebutuhan bertani ini menjadi salah satu kebutuhan primer yang akan menjadi peluang usaha menjanjikan asalkan ditangani dengan proses dan pengolahan yang baik dan benar.

Apabila kita mengajak masyarakat untuk membicarakan mengenenai masalah peluang usaha dari program pertanian, mungkin hanya beberapa dari sebagian masyarakat yang berminat untuk menggeluti program ini. Tetapi, apabila difikirkan kembali, berbisnis pada bidang pertanian itu merupakan salah satu peluang bisnis yang menjanjikan. Mengapa demikian? Sebab, dengan adanya program pertanian, masyarakat bisa makan dan dapat memenuhi kebutuhan pokok primernya masing – masing. Bayangkan saja apabila pertanian telah musnah? Apalagi yang akan di konsumsi oleh masyarakat? Terutama di tanah air kita ini. Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa masyarakat kita ini sangat bergantungan dengan hasil pertanian, mayoritas dari penduduk di Indonesia ini mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokok mereka sehari – hari. Bagi para sarjana yang telah lulus dari jurusan pertanian, mereka di haruskan untuk mempunyai krativitas dan inovasi agar dapat membuka usaha pada bidang pertanian.

Lahan Sempit Jadikan Peluang Bisnis Pertanian Yang Menjajikan, hilangkanlah pemikiran bahwa anda para sarjana pertanian harus bekerja di departmen atau perkantoran, cobalah untuk menjadi pengusaha yang kreatif dan mampu memanfaatkan serta mengolah lahan yang terdapat di sekitar anda, seperti adanya lahan dengan ukuran yang sempit, anda harus dapat menjadikannya sebagai peluang usaha pertanian yang baik.

Apabila anda telah ingin mencoba untuk memulai usaha bertani, maka berikut ini merupakan langkah – langkah yang tepat yang dapat anda jadikan referensi di dalam memulai usaha pertanian anda :

1. Pilihlah jenis tanaman yang benar.

Maksud dari pernyataan di atas adalah saat anda sedang mmeulai sebuah usaha pada bidang pertanian, anda harus dapat memastikan bahwa hasil usaha yang anda kelola tersebut nantinya akan di butuhkan oleh masyarakat setempat dan hasil pertanian anda tersebut juga harus mempunyai takaran nilai ekonomis yang seimbang.

2. Sarjana pertanian lebih mahir di dalam mengelola usaha pertanian.

Hal tersebut terbukti adanya, sebab para sarjana pertanian sudah bisa di katakan profesional dan terlatih di dalam mengelola dan mengurus tanaman pertanian dengan baik dan benar.

Sesudah anda faham dan mengerti mengenai tips – tips yang telah di sajikan di atas, di bawah ini merupakan contoh dari peluang usaha pertanian khususnya pada lahan sempit yang menjanjikan yang bisa anda kelola :

Lahan Sempit Jadikan Peluang Bisnis Pertanian Yang Menjajikan

1. Tomat

Tanaman yang cocok untuk dibudidayakan dan di kembang biakan dalam lahan sempit adalah tanaman tomat. Tomat merupakan jenis tanaman yang tidak begitu memerlukan lahan yang luas, asalkan anda dapat memaksimalkan lahan sempit yang ada dan mengetahui benar prosedur yang baik dalam mengelola tanaman tomat, tomat akan tumbuh subur dan besar dalam waktu yang relatif cukup singkat.

2. Cabe

Cabe merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat cocok untuk dibudidayakan pada lahan yang sempit. Dengan lahan yang sempit, anda bisa menanam cabe dengan pola lahan bertingkat – tingkat. Selain proses pengelolaan tanamannya yang mudah, cabe juga merupakan jenis tanaman yang memiliki masa panen yang singkat.

3. Bawang

Bawang juga merupakan jenis tanaman yang tidak memerlukan lahan luas dalam proses tumbuh kembangnya. Selain itu, bawang juga akan menjadi hasil panen tanaman yang laris diburu oleh masyarakat, karena bawang merupakan salah satu jenis bumbu masakan yang wajib ada terutama bagi masyarakat di Indonesia.

Itulah beberapa pembahasan yang sudah kami rangkum kepada anda, semoga bermanfaat mengenai informasi untuk Lahan Sempit Jadikan Peluang Bisnis Pertanian Yang Menjajikan. Baca juga artikel lainnya, Bisnis Online Tanpa Modal Yang Harus Diketahui.

Foto : dok.fromhousetohomeblog.wordpress.com

Gambar Gravatar
Merupakan kumpulan artikel pembelajaran tentang memulai bisnis dan usaha. "Hormatilah orang tuamu dan perbanyaklah membaca Istighfar"