Lima Prinsip Penting Sebelum Buka Bisnis Sendiri

Sahabat ketemu lagi sama saya Suhedri Busli. Kali ini saya akan mengangkat materi tentang prinsip penting sebelum buka bisnis sendiri. Materi ini masih merupakan kelanjutan dari materi sebelumnya tentang buka bisnis itu mudah.

Sebelum kita masuk kedalam materi inti, bagaimana kalau kita lihat kebelakang lagi pembahasan sebelumnya. Bahwa buka bisnis itu mudah, jika kita tahu cara dan polanya. Pada umunya yang membuat sulit itu adalah mentalitas kita.

bisnis itu mudah

Mental kita akan menjadi penggangu karena seakan-akan membuat tembok dan jurang pemisah antara keinginan dan cita-cita untuk memulai buka bisnis tersebut. Jadi bayangan di kepala kita hanya akan berputar-putar, mulai atau jangan.

Baca juga : Inilah, Karakter Pebisnis Sukses Indonesia

Jadi jangan bilang tidak bisa kalau kita belum mencoba sama sekali. Jangan bilang susah kalau memulai saja belum pernah. Gimana, kita lanjut? Pokoknya sahabat coba dulu ya, jangan berfikir yang rumit-rumit. Soalnya gak bakalan jadi tuh bisnisnya.

Nah setelah kita panjang lebar membahas materi buka bisnis itu mudah kita lanjut pada inti tulisan kali ini yaitu prinsip penting sebelum buka bisnis sendiri.

Berikut lima prinsip yang kita harus pegang saat memulai bisnis :

  • Tidak Ada Yang Tidak Bisa

Benar juga sih, didunia ini tidak ada yang tidak mungkin asal kita berdoa, yakin, tetap berusaha dan mencoba, serta pantang menyerah.

Memang diawal semua terasa tidak mudah, namun percayalah semua orang punya potensi masing-masing untuk berhasil dalam berbisnis. Yang menjadi tolak ukur keberhasilan awalnya adalah mau berusaha atau tidak sama sekali.

  • Mulailah Dari Yang Sederhana

Mulai bisnis janganlah dibikin susah dan rumit. Cobalah dimulai dengan hal-hal yang sederhana, tidak harus rumit dan jelimet. Misalnya, saudari perempuan saya mau buka bisnis penjualan sayur-mayur dengan menggunakan aplikasi. Saya sarankan coba saja dahulu pemasarannya melalui media sosial,  nanti jika sudah punya pasar dan permintaan tinggi barulah gunakan aplikasi. Karena kalua diawal sudah mengandalkan aplikasi tentu biaya yang disiapkan untuk membuat aplikasi cukup besar.

Jadi artinya, mulailah dari sesuatu yang sederhana dan mudah untuk diusahakan. Para pebisnis sukses, yang perusahaannya besar, awalnya juga Cuma memulai dari yang sederhana dan kecil.

Yuk, mulailah dari yang sederhana, yang mudah, sekarang juga.

  • Belajar Harus Ekstra

Sahabat pada prinsip penting sebelum buka bisnis sendiri yang ketiga adalah luangkan waktu untuk terus belajar. Karena membangun sebuah bisnis di zaman sekarang tentu dan harus diikuti pengetahuan yang cukup pula.

Bisa ikut training, baca buku, seminar, belajar dari e-book gratisan, belajar dari para pebisnis sukses atau dari sumber lainnya.

Kuncinya, memulai dan membangun bisnis tentu pakai ilmu. Tapi kalau belajar saja malas, baca buku juga malas dan menimba ilmu dari pebisnis sukses juga gak mau, pasti bisnisnya gak bakalan sukses.

  • Jangan Mudah Menyerah

Pada prinsip penting sebelum buka bisnis sendiri yang keempat adalah kegagalan merupakan kesuksesan yang tertunda. Sekali gagal, jangan langsung menyerah dan patah semangat.

Tapi dengan kegagalan itu, sahabat bisa lakukan evaluasi. Dan merinci lagi tahapan mana yang mungkin membuat gagal tersebut. Selanjunya, jangan terlalu mendengarkan kata miring dari orang lain. Namun saran dan masukan positif jadikan fondasi yang menutup kekurangan setiap tahapannya.

Pokoknya jangan terlalu terbawa perasaan, baper. Yang penting buka bisnis jalan terus.

Baca juga : Apakah Buka Bisnis Itu Sulit?

  • Langsung Action Tanpa Ditunda, Tanpa Ada Tetapi

Dalam prinsip kelima ini, semua yang kita dapat dari hasil ikut training, seminar, kelas bisnis, baca buku jangan hanya dikumpulin saja. Melainkan langsung dipraktekkan.

Sebab keberhasilan sesorang dalam berbisnis dimulai bukan Ketika rajin ngumpulin tips-tips bisnis akan tetapi fokus untuk melakukan aksi, action-kan ilmu yang didapat tadi.

Siapkan mental, praktekan ilmu yang didapat dan beraksilah untuk memulainya. Camkanlah, tetap pada semboyan utama bahwa bisnis itu mudah.

Semoga tulisan kali ini bermanfaat bagi sahabat yang akan memulai buka bisnis. Kelima prinsip penting sebelum buka bisnis sendiri setidak-tidaknya jadikan pelecut untuk menuju tahapan selanjutnya. Semoga sukses.

Add Comment