Peluang Usaha Bakso Ikan Yang Menguntungkan Dan Menyehatkan

Peluang Usaha Bakso Ikan Yang Menguntungkan Dan Menyehatkan SUHEDRIBSULI. Bakso atau sekumpulan daging yang berbentuk yang di bentuk bulat merupakan salah satu jenis olahan masakan yang menjadi favorit bagi masyarakat, khususnya di Indonesia. Bakso awalnya berasal dari negeri Paman Sam, Amerika serikat. Kemudian orang Indonesia mengkreasikan bakso buatannya sendiri yang isiannya tetap berupa daging yang di campur dengan sedikit tepung terigu dan bumbu – bumbu pilihan. Bakso memang menjadi salah satu makanan populer di masyarakat, hal tersebut di karenakan kelezatan dari bakso itu sendiri yang membuat banyak masyarakat yang menyukai makanan ini. Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi sebagian orang yang memiliki penyakit seperti kolesterol tinggi, diabetes dan asam urat. Mengapa demikian ? kebanyakan bakso adalah berbahan dasar daging.

Daging terbukti memiliki kandungan kolesterol tinggi yang apabila di konsumsi secara berlebihan maka akan berdampak buruk bagi tubuh. Dari penjelasan tersebut, anda bisa membuka peluang usaha dengan membuat olahan bakso yang berbeda dan menyehatkan namun tetap memiliki rasa yang lezat. Salah satu usaha bakso yang meyehatkan adalah Peluang Usaha bakso ikan. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa penjual bakso ikan di Indonesia ini sangat terbatas atau bahkan sangat jarang di temukan orang yang menjual bakso ikan. Hal ini sangat berbanding terbalik dengan di negara Jepang dan Korea, disana hampir di setiap jalan bisa kita jumpai orang – orang yang menjual bakso ikan. Selain unik dan berbeda, secara otomatis usaha pembuatan bakso ikan ini akan banyak di lirik oleh para konsumen. Berikut kami akan memberikan ulasan mengenai usaha ini.

Bagaimanakah Peluang Usaha Bakso Ikan Yang Menguntungkan Dan Menyehatkan.

Berikut ulasannya.

  1. Bahan Baku Yang Diperlukan

Untuk membuat bakso ikan bahan baku utama ( ikan ) yang bisa gunakan adalah ikan yang memiliki tekstur daging tebal dan tidak mudah hancur, seperti misalnya : tenggiri, kakap, bloso, ekor kuning, cucut dan lain sebagainya. Anda juga harus memperhatikan kesegaran ikan yang anda beli. Pastikanlah anda membeli ikan dengan kualitas terbaik, sebab hal tersebut akan sangat berpengaruh pada hasil olahan bakso ikan yang anda buat.

  1. Bahan – Bahan Tambahan Yang Diperlukan
  • Tepung tapioka
  • Bawang putih
  • Bawang merah
  • Merica
  • Garam
  • Gula
  • Penyedap makanan
  1. Langkah – langkah pembuatan Bakso Ikan
  2. Pisahkan daging dengan tulang ikan dengan cara di sayat memanjang. Proses penyayatan ini bisa anda awali dari bagian punggung.
  3. Rendam daging ikan yang sudah terpisah dari duri dengan larutan garam dan air es sampai daging tenggelam merata selama 15- 20 menit.
  4. Apabila terdapat lemak yang mengapung pada permukan air, buanglah lemak tersebut.
  5. Apabila sudah 15 menit, angkat daging ikan dari larutan es garam dan peras daging dengan menggunakan kain kasa.
  6. Giling daging ikan dengan cara di blender, di tumbuk atau menggunakan mesin penghancuran modern. Giling daging ikan sampai teksturnya benar – benar lembut.
  7. Masukan semua bumbu yang sudah di haluskan ke dalam adonan daging ikan yang sudah lembut.
  8. Aduklah adonan perlahan – lahan sampai teksturnya elastis dan tidak menempel di tangan. Untuk tekstur elastis yang sempurna, anda juga bisa menambahkan 1 putih telur / 1 kg adonan bakso yang anda buat.
  9. Buat adonan menjadi bulatan – bulatan kecil / besar sesuai dengan selera anda.
  10. Rebus bakso ke dalam air hangat ( jangan sampai mendidih ) pada suhu +50 C dan biarkan selama kurang lebih 30 -35 menit sampai adonan bakso mengapung ke atas.
  11. Angkatlah bakso daging ikan anda yang sudah matang lalu masukan ke dalam air es selama kurang lebih 20 menit.
  12. Angkat dan tiriskan bakso daging ikan.
  1. Saran Penyajian

Untuk penyajiannya, anda bisa menambahkan kuah yang berasal dari rebusan ( bumbu kuah : bawang merah/putih, merica, pala, ketumbar, penyedap makanan) sisa daging ikan tadi, lalu memberikan mie kuning/ putih yang telah di rebus terlebih dahulu. Tambahkan bawang goreng, pangsit goreng, tahu, dan daun bawang di atasnya. Untuk penambah selera makan anda bisa menyajikan bakso tersebut dengan tambahan saus, kecap dan sambal. Bakso ikan yang anda buat ini selain memiliki rasa yang lezat pastinya juga lebih menyehatkan di bandingkan dengan bakso yang terbuat dari daging.

Itulah informasi pembuatan bakso ikan yang bisa anda coba di rumah untuk menmbah penghasilan anda dengan Peluang Usaha Bakso Ikan Yang Menguntungkan Dan Menyehatkan.

Baca juga : [ Peluang Bisnis Budidaya Ikan Patin Raup Keuntungan Berlipat Ruah ]

Add Comment