Penting Di Awal, 3 Langkah Memulai Bisnis Online

Diposting pada

Ketika hendak melangkah memulai bisnis online, pasti ada banyak keraguan yang membayangi pikiran Sahabat. Biasanya beberapa pernyataan pokok berikut ini yan selalu muncul di benak Sahabat. Ada tiga hal utama yang perlu Sahabat persiapkan dengan baik.

Memulai bisnis online sangat penting perencanaan yang matang

Berikut 3 langkah memulai bisnis online.

1.Memutuskan Produk yang Dijual

Sebagai langkah pertama, Sahabat perlu memikirkan produk yang hendak dijual di toko online. Sebaiknya menyediakan waktu untuk melakukan riset terhadap satu produk. Sebisa mungkin produk tersebut tergolong cepat laku serta memiliki perputaran keuangan cepat pula. Banyak orang yang membutuhkan produk tersebut dan pangsa pasarnya luas. Posisikan diri Sahabat sebagai Problem Solver, yaitu pemberi solusi dari permasalahan yang dihadapi. Sehingga dengan demikian toko online Sahabat kemungkinan besar tetap berjalan.

Jenis produk yang dijual itu bisa berwujud benda fisik, digital, atau jasa. Contoh produk fisik adalah sabun kecantikan herbal, tas cantik, jam tangan trendi, smartphone, pernak-pernik/aksesoris rumah atau bangunan dan sebagainya. Contoh jasa di antaranya pembuatan website, pemasaran online, persewaan mobil, rental motor khusus mahasiswa, tour and travel, dan sebagainya. Adapun contoh digital adalah e-book dan software.

2. Membuat Halaman Online

Maksud halaman online adalah tempat berjualan dan mempromosikan produk di internet. Untuk mempersiapkan langkah ini , Sahabat bisa memulai dengan membuat halaman (fans page) di media sosial, terutama Facebook. Selanjutnya , Sahabat juga perlu memanfaatkan layanan-layanan yang ada di media sosial lain, seperti twitter, Instagram, Pinterest, dan sebagainya. Selain itu, jangan lupa melakukan promosi di Whatsapp, Line, BBM serta situs-situs jual beli online. Promosi melalui media-media tersebut gratis sehingga bisa Sahabat menfaatkan untuk memasarkan produk secara online.

Ketika Sahabat ingin lebih serius dalam berjualan produk secara online, Sahabat bisa mulai membuat website sendiri. Nantinya, website ini akan dijadikan sebagai halaman resmi toko online Sahabat di dunia maya. Adapun terkait cara membuat website akan dijelaskan secukupnya pada pembahasan selanjutnya. Ketika sudah memiliki website, Sahabat bisa menjadikannya sebagai tempat rujukan. Ketika membayar promosi melalui media. Dengan demikian, calon konsumen yang melihatnya bisa langsung mengunjungi website atau toko online Sahabat.

3. Mempromosikan Website atau Toko Online

Setelah memiliki website sendiri, Sahabat bisa mulai mempromosikan sebagai toko online. Tujuannya adalah menjaring lebih banyak pelanggan ke website Sahabat. Dalam hal ini, Sahabat bisa memulai mempromosikannya dengan memanfaatkan berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, dan sebagainya.

Strategi promosi dengan cara seperti ini tergolong sangat tepat. Sahabat bisa mendapatkan lebih dari 100 kunjungan pelanggan setiap hari hanya dengan menerapkan strategi promosi tersebut. Apabila dilakukan secara konsisten, website Sahabat akan cepat terkenal dan citra toko online Sahabat akan cepat meroket sekaligus mendapatkan tempat di hati konsumen.

Alternatif promosi yang lain adalah dengan memasang iklan di situs-situs jual beli online sambil mencantumkan alamat URL website. Hal ini akan mendorong pelanggan untuk langsung berkunjung ke toko online Sahabat. Selain itu, agar promosi lebih efektif, perlu memaksimalkan SEO (Search Engine Optimization). Hal ini akan menjadikan website mudah terindeks oleh Google sehingga pelanggan mudah menemukan toko online Sahabat.

                Sebenarnya, tidak ada patokan pasti terkait langkah-langkah yang harus di tempuh untuk menjalankan bisnis online. Namun demikian, 3 langkah memulai bisnis online tadi dapat menjadi solusi menjawab pertanyaan yang muncul di benak kita sebelum memulai menjalankan bisnis online. Semoga bermanfaat. Business vector created by pikisuperstar – www.freepik.com

Gambar Gravatar
Merupakan kumpulan artikel pembelajaran tentang memulai bisnis dan usaha. "Hormatilah orang tuamu dan perbanyaklah membaca Istighfar"