Usaha Sampingan Ternak Puyuh Yang Menguntungkan

Usaha Sampingan Ternak Puyuh Yang Menguntungkan

Diposting pada

Usaha Sampingan Ternak Puyuh Yang Menguntungkan – SUHEDRIBUSLI. Puyuh merupakan hewan yang pastinya sudah tidak asing lagi bagi kita masyarakat yang tinggal di Indonesia. Hewan ternak yang satu ini adalah salah satu dari berbagai macam jenis burung yang tidak dapat terbang serta mempunyai kaki pendek dan tubuh yang berukuran mungil.

Di dalam bahasa jawa, puyuh biasa di sebut dengan gemak dan merupakan hewan yang banyak di buru di area semak – semak dan persawahan. Tidak hanya daging dari puyuh yang dapat di jadikan konsumsi, selain rasa dari dagingnya yang sangat gurih, puyuh juga mampu menghasilkan telur – telur yang berukuran kecil dengan rasa yang tidak kalah lezat dari telur ayam dan bebek. Dengan demikian, menjalankan usaha ternak puyuh merupakan usaha bisnis yang pastinya menjanjikan bukan ? Hal tersebut dapat di buktikan dengan adanya peningkatan setiap tahun pada permintaan konsumen dalam mengkonsumsi telur puyuh. Disini, kami akan memberikan ulasan tinjauan untuk anda yang ingin memulai bisnis di bidang peternakan khususnya mengenai Usaha Sampingan Ternak Puyuh Yang Menguntungkan, berikut ulasannya.

Langkah – Langkah Khusus Untuk Melakukan Usaha Sampingan Ternak Puyuh.

Sebelum masuk ke tahap penjelasan mengenai bagaimana cara beternak hewan puyuh ini, ada baiknya apabila kita membahas terlebih dahulu alasan mengenai mengapa anda harus memilih ternak hewan puyuh sebagai bisnis usaha pribadi yang anda jalani ? Berikut kami akan memberikan informasi secara singkat mengenai keuntungan apa saja yang dapat anda peroleh dari menggeluti ternak hewan puyuh.

Peternak puyuh banyak yang mengalami kewalahan di dalam memenuhi banyaknya pasokan permintaan customer pada telur puyuh. Bahkan, di wilayah DEJABOTABEK stok permintaan telur puyuh sendiri telah mencapai angka 13 – 16 juta butir telur puyuh untuk setiap minggunya. Namun, pasokan telur puyuh yang tersedia dan siap di kirim ke konsumen hanyalah sebesar 3 – 4 juta telur puyuh saja. Hal tersebut jelas adanya bahwa peluang untuk berbisnis telur puyuh sangatlah besar untuk mendapatkan keuntungan yang mudah di pasaran. Tidak hanya telur puyuh saja yang di buru oleh para konsumen di tanah air, rasa lezat dan gurih dari puyuh sendiri juga banyak menjadi primadona pada icon kuliner yang banyak di cari oleh para pengusaha rumah makan dan oleh masyarakat yang menikmatinya. Apabila anda dapat menjalankan bisnis puyuh dengan tekun dan telaten, maka peluang untuk bekerjasama dengan para pengusaha rumah makan menjadi lebih mudah dan bisa meningkatkan pendapatan anda setiap bulan.

Selain daging dan telur puyuh, kotoran dari hewan kecil yang satu ini juga dapat di jadikan sebagai pupuk untuk menyuburkan tanaman. Bahkan, seiring dengan berkembangnya zaman, kotoran puyuh juga di jadikan sebagai bahan campuran untuk pakan ikan. Hal tersebut di karenakan kandungan protein tinggi yang terdapat di dalam kotoran puyuh itu sendiri. Bulu dari hewan puyuh juga bisa di jadikan sebagai bahan dasar dalam pembuatan kerajinan tangan, hiasan rumah serta berbagai macam peralatan rumah tangga, seperti misalnya : kemucing dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk dapat membudidayakan hewan puyuh ini, anda tidak memerlukan lahan yang besar. Pekarangan atau halaman belakang rumah anda pun bisa di ajdikan sebagai tempat alternatif untuk mengembang biakan puyuh. Lantas, langkah – langkah apa sajakah yang harus di perhatikan di dalam beternak hewan puyuh ? Berikut tips – tipsnya.

  1. Usahakan lokasi untuk tempat perkembang biakan ternah puyuh anda terbuka lebar, meskipun berada di lahan yang sempit.
  2. Buatlah kandang sebagai persiapan untuk tempat tinggal puyuh. Buatlah kandang puyuh senyaman mungkin, dan rajinlah membersihkan kandang puyuh minimal sehari sekali. Hal tersebut untuk mencegah adanya virus – virus yang bisa menyebabkan penyakit bagi puyuh yanga anda ternak.
  3. Harus ada pengadaan bibit puyuh terlebih dahulu. Pastikanlah anda memilih bibit yang unggul dan sehat.
  4. Rutinlah melakukan perawatan pada hewan puyuh di usia 3 – 6 hari. Bila perlu, lakukanlah divaksinasi dengan menggunakan dosis yang di anjurkan. Pemberian divaksinasi tersebut bisa berupa oral atau air minum dan intra okular atau obat tetes mata .

Itulah artikel mengenai bagaimana cara untuk beternak hewan puyuh yang baik dan benar. Semoga ulasan artikel di atas bisa memberikan inspirasi bagi anda untuk memulai usaha beternak dengan menjalankan Usaha Sampingan Ternak Puyuh Yang Menguntungkan. Baca juga [ Raih Penghasilan Berlimpah Dengan Terjun Ke Bisnis Rumahan ].

Gambar Gravatar
Merupakan kumpulan artikel pembelajaran tentang memulai bisnis dan usaha. "Hormatilah orang tuamu dan perbanyaklah membaca Istighfar"